Senin, 16 April 2012

Perbedaan riba dan bunga bank

Bank adalah lembaga keuangan yang menyalurkan dana  dalam bentuk kredit dan jasa untuk sirkulasi keuangan.

Fungsi :
1. Bank Primer: adalah bank yang mencetak uang dan mengatur sirkulasi peredaran uang (BI).
2. Bank Sekunder adalah bank yang tidak mencetak uang sendiri tetapi bank ini hanya menyalurkan uang baik  dalam bentuk kredit atau lainnya. 

Macam-macam Bank:
1. Bank Konvensional adalah lembaga keuangan bank dalam penyaluran dana baik pinjaman modal maupun investainya menggunakan sistem bunga.
2. Bank Syari'ah adalah lembaga keuangan bank yang  dalam penyaluran dana baik pinjaman modal maupun investasinya menggunakan sistem bagi hasil bukan bunga.

Rente atau Bunga Bank adalah keuntungan  yang diperoleh oleh perusahaan / bank karena jasanya meminjamkan dana baik kepada perusahaan atau perseorangan.


RIBA

Riba menurut bahasa adalah azziyadah yang berarti tambahan.
menurut istilah adalah tambahan atas piutang seseorang yang harus dibayarkan lebih  dari apa yang dia pinjam karena adanya  jangka waktu.

Macam-macam Riba
1. Riba Nasiah adalah tambahan pembayaran atas jumlah modal yang disyaratkan lebih dahulu yang harus dibayarkan oleh-Nya peminjam karena adanya jangka waktu.
2. Riba Fadl adalah tambahan atau kelebihan yang terdapat dalam tukar-menukar benda yang sejenis dengan jumlah yangzom berbeda.

Apakah bunga bank termasuk Riba. . . ????
Menurut pendapat
a. Golongan Muharrimun (Abu Zahro', Yusuf Qordowi, Zaid Tsabit) mengharamkan bunga bank karena sama dengan riba.
b. Al Ghazali, menghalalkan bunga-Bunga bank karena bunga bank merupakan keuntungan yang sama-sama menguntungkan kedua-duanya belah pihak, sedangkan riba

0 komentar:

Posting Komentar